Jenis Setelan Jas Dan Cara Penggunaannya

. Minggu, 02 Februari 2014
Jenis Setelan Jas

Jas tentu menjadi salah satu pakaian wajib bagi pria, yang biasa digunakan pada acara formal maupun acara semi-formal.

Dengan menggunakan jas, seorang pria tidak hanya terlihat formal, namun juga untuk meningkatkan percaya diri serta nilai tambah di mata para wanita.

Menurut jumlah kancing, jas dibagi menjadi dua, yaitu single breasted dan double breasted. Sedangkan berdasarkan jumlah belahan/potongan pada bagian belakang jas, terdiri atas single vent dan double vent. Berikut yang kami kutip dari Fashion Pria :

Single Breasted atau Double Breasted?
Setelan single breasted memang menjadi pilihan umum suatu jas. Sedangkan jas double breasted memang terlihat lebih gagah dan stylish, namun tidak cocok bagi Anda yang bertubuh pendek dan berbadan besar.

Single Breasted - Double Breasted

Jumlah Kancing
Umumnya jas berkancing dua. Setelan jas yang berkancing tiga lebih cocok bagi Anda yang bertubuh tinggi. Dan jika Anda bekerja di lingkungan kreatif dan tidak terlalu konservatif, Anda dapat menggunakan jas berkancing satu.

Saya Lebih Cocok Single Vent atau Double Vent?
Vent atau belahan pada bagian belakang berfungsi memudahkan Anda bergerak. Jas double vents awalnya merupakan model Eropa, memudahkan kita untuk mengambil dompet di kantong belakang tanpa harus melipat jas.

Untuk Anda yang bertubuh pendek, jas double vents adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk Anda yang bertubuh tinggi dan kurus, lebih baik memilih jas single vent atau tanpa vent.

Single Vent - Double Vent - No Vent

Anda pasti pernah mendengar tuksedo, yaitu setelan jas resmi berwarna hitam dengan bagian belakang berbuntut, harus dikenakan dengan kemeja putih kerah sayap (wing collar) dan dasi kupu-kupu atau bow tie. Bila dalam undangan disebutkan kode busana black tie, maka Anda diminta memakai setelan ini.

Menurut Anda mana yang cocok bagi Anda?Single breasted atau double breastedSingle vent atau double vent atau bahkan tanpa vent?

0 komentar: